Assalamualaikum Wr. Wb.
Ini adalah posting #14 dari Tantangan nge-Blog 30 Hari Ramadhan 1431 H
Rasanya berbagai jurus yang kita kupas dalam pemasaran kreatif semakin seru dan menraik untuk dicoba. Salah satu yang penuh dengan aspek kreatif adalah bottom-price marketing yang kali ini kita kupas. jurus pemasaran kreatif ini diinspirasi oleh Bapak Nuril Anshori dalam momen seminar sufi entrepreneur. Pak Nuril dalam salah satu sesi seminarnya, mengupas mengenai sosok sahabat Rasul yang terkenal karena kekayaannya, yakni Abdurrahman Bin Auf. dalam awal rintisan bisnisnya ketika hijrah dari Makkah ke Madinah, Abdurrahman Bin Auf berperan dalam perniagaan dengan berdagang unta. Ada yang menarik dalam strategi perdagangan yang diterapkan oleh Abdurrahman Bin Auf, yakni beliau membeli unta-unta terbaik, dengan harga yang bagus, kemudian menjualnya dengan harga pokok, ya betul, harga pokok, yang hanya mengkalkulasi biaya operasional dan kenaikan harga, selebihnya, beliau tidak mengambil keuntungan secara signifikan. dengan strategi ini, yang dalam konteks pemasaran kreatif kita sebut dengan bottom-price marketing, unta dagangan Abdurrahman Bin Auf laku luar biasa, nah darimana beliau mendapat keuntungan ? ternyata beliau mendapat keuntungan justru dari produk pelengkap, yakni tali pengikat unta, yang dibuat dengan kualitas yang baik, dan dijual dengan harga yang menguntungkan. Smart dan tactical, bottom-price marketing layak kita coba, menekan keuntungan di astu sisi, dan menangguk keuntungan dari sisi yang lain.
Semoga bermanfaat | Faizal Alfa Z. | Creative Marketer
Blog www.pemasarankreatif.blogspot.com dikelola di bawah manajemen Bikinprofil Dot Com | Inovasi pembuatan Company Profile | www.bikinprofil.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please left some feedback for me ...