Pages

19/08/10

Pemasaran Kreatif #9 : Doorprize Marketing | Stop Dreaming Start Selling

Assalamualaikum Wr. Wb.
Ini adalah posting #9 dari Tantangan nge-Blog 30 Hari Ramadhan 1431 H
Sebelum banyak mengupas mengenai salah satu jurus dalam pemasaran kreatif, yakni doorprize marketing, akan sangat menarik apabila kita terlebih dahulu memahami definisi dari doorprize. Menurut Wikipedia, doorprize adalah :

"At a party or gathering, a door prize may be awarded to one or more persons attending, via a raffle or drawing. Prizes can be small things such as pens, bookmarks, and buttons or they can be larger, more expensive items like gift baskets, cash, tickets to concerts, or furniture."

Nah, sudah ada bayangan mengenai doorprize marketing? Prinsipnya sederhana, doorprize marketing adalah salah satu jurus pemasaran yang memanfaatkan momen berupa event, ketika banyak orang berkumpul untuk memusatkan perhatian pada satu kegiatan, misalnya : seminar, konser, gathering, pesta, atau kegiatan sejenis. Teknisnya pun sederhana, doorprize marketing dapat diaplikasikan dengan menyediakan hadiah (umumnya berupa produk atau voucher), yang dibagikan untuk beberapa peserta event yang beruntung, misalnya mereka yang berani tampil untuk mengikuti game, orang2 tertentu yang memiliki selling point, atau sekedar diundi bagi peserta yang beruntung. Jangan lupa, ketika menerapkan jurus doorprize marketing, kita harus mencantumkan atau memberikan identitas secara jelas atas voucher atau hadiah yang kita sebar, sehingga efeknya lebih optimal. Dari kegiatan doorprize marketing, ada potensi dua hal produktif yang bisa kita petik, yakni : Brand kita disoundingkan/ dipublikasikan oleh host/MC/Pembawa Acara selama event berlangsung (plus biasanya bila memberikan doorprize, kita diperbolehkan memajang materi publikasi di sekitar venue acara), dan manfaat kedua adalah produk atau voucher kita sampai di tangan konsumen dalam kondisi yang menyenangkan (siapa yang tidak senang, lha wong dapat durian runtuh, rejeki nomplok, datang di event dan dapat hadiah), efek sampingnya ? follow-up harus terus dilakukan, dan jangan terlalu kaget bila kita nantinya mendapatkan unpredicted order dari hal positif yang kita sebar selama event dengan jurus doorprize marketing.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat | Faizal Alfa Z. | Creative Marketer

Blog www.pemasarankreatif.blogspot.com dikelola di bawah manajemen Bikinprofil Dot Com | Inovasi pembuatan Company Profile | www.bikinprofil.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please left some feedback for me ...