Assalamualaikum Wr. Wb.
Ini adalah posting #15 dari Tantangan nge-Blog 30 Hari Ramadhan 1431 H
Wah, tanpa terasa, kita sudah berada setengah jalan, sudah 15 hari kita mengupas satu demi satu jurus pemasaran kreatif yang bisa kita pilih dan kita aplikasikan. Kali ini kita akan coba mengupas mengenai salah satu jurus pemasaran kreatif, yakni "Upgrade Marketing". Jurus pemasaran kreatif yang satu ini diinspirasi oleh salah seorang pengusaha muda dari Kota Malang, Ridwan Abadi, pemilik jaringan waralaba Batagor Jepang, yang telah tersebar di puluhan kota Indonesia. Jurus upgrade marketing ini dapat diaplikasikan dalam beberapa konteks pemasaran, yang intinya sebenarnya adalah memberikan penawaran yang super menarik, sehingga seorang pembeli yang niat awalnya hanya membeli 1, bisa tertarik membeli 2,3 dan seterusnya, atau pembeli yang rencananya membeli barang A, akan tertarik juga membeli barang B, C, dst.
Salah satu penerapan yang dapat mengilustrasikan jurus upgrade marketing adalah penyelenggaraan event. Dalam awal perjalanan bisnisnya, rekan kita Ridwan Abadi banyak berkecimpung dalam penyelenggaraan event atau kegiatan massal. Beberapa kali, dapat diamati bahwa Ridwan Abadi menyelenggarakan event secara gratis/ tanpa biaya, wow, bagaimana mungkin ? ternyata ini adalah salah satu penerapan upgrade marketing. Dalam event yang gratis, peserta relatif banyak tertarik karena berasumsi nothing to loose to attend the event, sehingga lebih banyak peserta yang terlibat. Nah, konsep upgrade marketing ternyata diterapkan saat registrasi, dimana peserta yang gratis dipersilahkan mengisi daftar hadir dan dapat segera memasuki ruangan event, namun peserta yang berminat untuk upgrade, silakan digarisbawahi pada kata upgrade, peserta tinggal memilih untuk mendapatkan berbagai fasilitas tambahan seperti : sertifikat, handout, dan berbagai fasilitas lain dari event dengan membayar biaya tertentu. dalam kondisi ini, ditemukan beberapa orang akan merasa bimbang, dan memutuskan melakukan pembelian, karena dengan melakukan upgrade, pembeli akan mendapatkan manfaat lebih optimal dari event yang digelar. Nah, dari sini kita memiliki gambaran lebih jelas mengenai upgrade marketing, atau kita sering berjalan-jalan dan cuci mata di pusat perbelanjaan yang menawarkan bonus khusus, apabila kita membeli 2 buah produk secara sekaligus ? berarti kita juga kembali menemukan salah satu penerapan Upgrade Marketing.
Semoga bermanfaat | Faizal Alfa Z. | Creative Marketer
Blog www.pemasarankreatif.blogspot.com dikelola di bawah manajemen Bikinprofil Dot Com | Inovasi pembuatan Company Profile | www.bikinprofil.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please left some feedback for me ...