Assalamualaikum Wr. Wb.
Ini adalah posting #8 dari Tantangan nge-Blog 30 Hari Ramadhan 1431 H
Bagaimana kabar rekan-rekan ? pastinya semoga kebaikan senantiasa melingkupi kita semua. Kali ini, dalam posting mengenai pemasaran kreatif, kita akan membahas mengenai salah satu strategi pemasaran kreatif yang disebut dengan “Bundle Marketing”. Tidak banyak hal yang akan kita definisikan dalam strategi kali ini, karena sebenarnya, bundle marketing telah dideskripsikan secara gamblang dalam kutipan definisi. Bundle marketing lebih mudah kita pahami dengan berbasis pada contoh, misalnya : “beli pasta gigi bonus shampoo, beli deterjen bonus softener, beli pencukur kumis bonus refillnya” dan banyak strategi bundle lain yang dengan mudah kita temui terutama untuk produk-produk ritel. Kekuatan dari bundle marketing adalah sisi kolektivitasnya, hal ini berarti kita menjual beberapa barang yang berbeda dalam satu pack, atau menjual lebih dari satu buah barang dalam satu paket penjualan. Dampaknya bisa ditebak, aka nada collateral effect dari penerapan bundle marketing yang optimal, misalnya barang yang laku keras, dapat mengungkit penjualan barang yang kurang laku apabila dibundle-kan. Dengan iming-iming harga yang lebih murah, pembeli akan tertarik untuk membeli dalam paket, sehingga secara profit mungkin pihak penjual akan sedikit terkurangi, namun secara volume penjualan, aka nada sebuah lonjakan yang signifikan. Bundle marketing juga dapat diaplikasikan dalam rangka uji coba atau penetrasi pasar bagi produk atau varian baru. Pembeli yang masih apatis dengan produk yang baru, mungkin tergoda untuk mencoba apabila produk baru tersebut ditawarkan sebagai bagian dari bundle, sehingga apabila sebelumnya pembeli berpikir :”kenapa harus coba-coba” dapat berubah pikiran dengan godaan bundle, sehingga berpendapat : “Boleh juga nih dicoba”, menarik bukan ? So, jangan ragu apabila kita melirik strategi bundle marketing untuk menjadi salah satu jurus pemasaran kreatif kita, buktinya tokoh si Mail dalam tayangan adiktif Upin-Ipin saja dapat ngeksis dengan strategi bundle andalannya : “Dua Potong Seringgit”, artinya dengan sekali penawaran, si Mail “mempersuasi” calon pembelinya untuk beli dua potong sekaligus.
Semoga bermanfaat | Faizal Alfa Z. | Creative MarketerBlog www.pemasarankreatif.blogspot.com dikelola di bawah manajemen Bikinprofil Dot Com | Inovasi pembuatan Company Profile | www.bikinprofil.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please left some feedback for me ...