Pages

31/08/10

Pemasaran Kreatif #21 : Overtime Marketing | Stop Dreaming Start Selling

Assalamualaikum Wr. Wb.
Ini adalah posting #21 dari Tantangan nge-Blog 30 Hari Ramadhan 1431 H
Baru pulang dari Matahari Pasar Besar Malang, aneh juga ada di Matahari di jam semalam ini, namun ternyata dari situ terbersit ide mengenai sakah satu jurus pemasaran kreatif yang layak kita kupas, yakni overtime marketing. Prinsipnya sederhana, yakni memutuskan tetap buka ketika yang lain memilih untuk tutup, tentunya dengan strategi dan pertimbangan yang matang. Matahari dengan Midnight Sale-nya, Indomaret dan Alfamart yang makin banyak dan beberapa buka 24 Jam, atau rawon setan yang konon mendapatkan namanya akibat waktu buka-nya yang tidak umum. Secara strategi, overtime marketing merupakan sebuah upaya taktis untuk mengurangi, bahkan mungkin sepenuhnya mengeliminasi kompetitor (gimana mau kompetisi, wong kompetitornya tutup), meskipun pasti ada konsekuensi logis seperti kalkulasi ulang biaya operasional, strategi shifting, ritme kerja yang perlu disesuaikan, dan hal-hal teknikal lainnya. Untuk momen-momen tertentu, overtime marketing ini bisa jadi amat efektif, misal : fotokopi yang buka di hari minggu akan menjadi idola dan primadona orang yang kepepet, warung subuh bisa jadi jujugan perut lapar yang pulang kepagian, penjual rujak cingur yang tetap buka saat lebaran akan jadi tujuan utama para penikmat kuliner, SPBU 24 jam pasti akan menjadi rekomendasi para pelancong dan penjelajah malam, pokoknya top dah ni jurus, tinggal cari momen yang tepat dan kalkulasi operasional yang yahud. selamat mencoba.

Semoga Bermanfaat | Faizal Alfa Z. | Creative Marketer

Blog www.pemasarankreatif.blogspot.com dikelola di bawah manajemen Bikinprofil Dot Com | Inovasi pembuatan Company Profile | www.bikinprofil.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please left some feedback for me ...