Assalamualaikum Wr. Wb.
Ini adalah posting #18 dari Tantangan nge-Blog 30 Hari Ramadhan 1431 H
Wah, seru juga ya, kita sudah sampai pada edisi ke #18 jurus pemasaran kreatif. Kali ini, kita akan membahas salah satu jurus pemasaran kreatif yang sangat populer, yakni jurus multiple discount marketing. Jurus ini banyak digunakan oleh department store dan juga para pemain di ritel, dan memang terbukti cukup efektif untuk diaplikasikan. Mungkin sebagian dari kita bertanya, yang bagaimana sih yang dimaksud dengan multiple discount marketing? Pernahkah kita singgah di pusat perbelanjaan dan menemukan tulisan promosi "diskon 50% + 20% ?" atau jurus sejenis, diskon "30% + 20%" ? Nah, itu yang dimaksud dengan multiple discount, diskon yang bertingkat. Nah, kira-kira apa persepsi kita dengan diskon 50% + 20% ? jadinya diskon 70% dong? Waooow, sebuah diskon yang sangat banyak, betul? sangat menarik, layak dibeli. namun apa betul seperti itu? Ternyata disinilah kekuatan persepsi. ternyata dalam kalkulasinya, bukan diskon 70% yang kita dapatkan? Berarti penipuan dong? Bukan, namun sebuah permainan persepsi. Agar mudah kita pahami, mari kita masukkan angka. andaikan harga barang yang mau kita beli adalah Rp 100.000, maka bila mendapat diskon 70% (sesuai asumsi kita), maka kita hanya perlu membayar Rp 30.000 saja, menarik bukan? namun apabila yang diterapkan adalah diskon 50% + 20%, maka harga yang kita dapat adalah diskon 50% dari 100.000, yaitu Rp 50.000, kemudian dihitung diskon 20% dari angka 50.000 tersebut, yang besarannya adalah 10.000, maka yang harus kita bayar adalah Rp 40.000.Berminat mencoba menerapkan multiple discount marketing?
Semoga Bermanfaat | Faizal Alfa Z. | Creative Marketer
Blog www.pemasarankreatif.blogspot.com dikelola di bawah manajemen Bikinprofil Dot Com | Inovasi pembuatan Company Profile | www.bikinprofil.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please left some feedback for me ...